Langsung ke konten utama

Dalami Pemasaran Wisata, Ridho Undang Bapak Marketing Hermawan Kertajaya

BANDAR LAMPUNG -- Dalam upaya mendalami pemasaran pariwisata Lampung, Gubernur Muhammad Ridho Ficardo menghadirkan Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya untuk berbagi ilmu di acara Seminar Strategi Promosi Pariwisata Lampung di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin (18/12/2017).

Saat membuka Seminar tersebut, Gubernur menyampaikan kebanggaan atas hadirnya tekoh marketing Hermawan Kertajaya. "Seminar ini merupakan salah satu forum untuk merintis perjuangan Lampung sebagai daerah pariwisata unggulan di tingkat Nasional. Insya Allah banyak ilmu dari Pak Hermawan yang mampu diaplikasikan di Provinsi Lampung," kata Gubernur. Saat ini, tambah Gubernur Ridho, Provinsi Lampung sedang merintis dan memasarkan nilai-nilai daerah, agar mampu membawa kesejahteraan masyarakat Lampung.
"Sektor pariwisata berada pada bagian ketiga dalam program prioritas pembangunan Lampung, namun bukan berarti urusan sektor pariwisata di tempatkan dibagian akhir. Semua sektor merupakan prioritas yang diutamakan," jelas Ridho.

Apa yang sedang dilakukan Provinsi Lampung, jelas Gubernur yang berhasi mengalahkan Bali dalam jumlah kunjungan wisatawan nusantara ini, untuk mempermudah akses dalam menarik pihak luar untuk datang ke Lampung. "Prinsipnya membuat yang jauh merasa dekat dan yang dekat tidak merasa jauh. Ke depan Bandara Radin Inten II akan menjadi bandara internasional, jalan tol trans sumatera dan pembangunan dermaga eksekutif akan mampu meningkatkan pariwisata di Lampung," kata Gubernur.Saat ini, untuk mendukung transportasi udara, Lampung juga memperkuat penerbangan reguler dengan mengembangkan Bandara Taufik Kiemas. Infrastruktur di sekitar bandara sudah diperbaiki dan sedang dibangun.

Di depan Hermawan Kertajaya, Gubernur Ridho juga menjelaskan bahwa strategi Lampung dalam pengembangan pariwisata tidak hanya mengandsalkan faktor alam (sumber daya alam), tetapi juga atraksi pariwisata.
"Karena kalau hanya mengandalkan pantai, Indonesia terdiri dari belasan ribu pantai. Oleh sebab itu, kita harus mampu meningkatkan konten pariwisatanya. Seperti konten kebudayaan Lampung di antaranya tapis Lampung dan kopi Lampung yang mampu meningkatkan wisatawan ke Lampung. Selain itu, kita harus mampu meningkatkan fasilitas pendukungnya, sehingga akan mempermudah para investor dan wisatawan datang ke Lampung," jelas Ridho.

Sementara itu, Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya, menilai apa yang dilakukan Gubernur Muhammad Ridho Ficardo dalam bidang pariwisata di Lampung sudah benar. Salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur dan mempermudah akses wisatawan ke Lampung. "Lampung ini istimewa karena memiliki konten kebudayaan yang luar biasa, karena terdiri dari berbagai suku dan merupakan indonesia mini. Selain itu, masyarakat Lampung merupakan masyarakat yang siap dalam menerima dan meningkatkan kepariwisataan," jelas Hermawan.

Dalam meningkatkan pariwisata, Hermawan menjelaskan bahwa Lampung harus konsentrasi pada wisatawan lokalnya dahulu. Lebih dari itu, masyarakat Lampung merupakan masyarakat yang paling siap di Sumatera dalam menerima wisatawan karena heterogenitas masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, seperti Lampung, Jawa dan Bali. "Selain fokus pada wisatawan lokal, Lampung harus memanfaatkan momentum, seperti momentum Asean Games. Karena wisatawan asing selalu melakukan perencanaan saat akan pergi. Untuk itu Lampung harus mempersiapkan segalanya dalam menerima wisatawan di momentum tersebut. Juga harus mengupayakan agar mereka yang datang ke Lampung, mampu turut serta dalam mempromosikan Lampung," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas promosi pariwisata Lampung, meningkatkan sumber daya manusia Lampung yang memiliki visi pariwisata modern, serta mewujudkan sektor wisata sebagai sektor unggulan untuk kemajuan perekonomian daerah. (Humas Prov)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gempa susulan di Banten Sudah 49 Kali!

Senator.co.id (Banten) – Usai gempa di Lebak, Banten dengan kekuatan 6,1 SR pada Senin lalu, hingga hari ini (26/1/18), sudah terjadi 49 kali gempa susulan.


"Gempa susulan 49 kali, kemungkinan peluang (gempa susulan) masih ada, kita tidak bisa memastikan. Lokasi gempa sekarang berdekatan, walaupun berbeda," kata Trian, dari BMKG Klas I Serang (26/1/2018) sebagaimana dikutip dari vivanews.co.id.


Dikatakanya, Gempa bumi di Kabupaten Lebak tergolong lama, karena frekuensi gempa susulan masih terus terjadi.


"Kenapa terjadi gempa susulan, kita belum tahu pasti, karena itu perlu ada kajian. Jadi gempa tektonik Indo-Australia di Selatan Banten," sebutnya.


Namun demikian, Trian meminta masyarakat tak mengaitkan fenomena supermoon dengan gempa Lebak.


"Enggak ada kaitannya supermoon dengan gempa di Banten. Kalau mempengaruhi gelombang tinggi air laut memang iya, tapi hanya beberapa sentimeter," jelasnya.


Untuk diketahui, gempa bumi di Lebak, Banten pertama t…

Konsen Kesehatan Masyarakat, Mustafa Gulirkan Program Jemput Sakit Pulang Sehat!

Senator.co.id (Lampung Tengah) – Pelayanan prima di sektor kesehatan terus digulirkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa.

Mengusung tagline “Jemput Sakit Pulang Sehat”, Mustafa mencoba memberikan layanan kesehatan sebaik-baiknya untuk masyarakat. khususnya di Lampung Tengah.

Berbagai upaya telah dilakukan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik. Dari sisi infrastuktur, Pemkab Lamteng telah menyulap rumah sakit daerah Demang Sepulau Raya menjadi rumah sakit yang lebih modern. Mulai dari perwajahan, kelengkapan sarana prasarana kesehatan dan penunjang, semua dilengkapi.

Tak heran, di era kepemimpinan Mustafa, RS Demang akhirnya mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima, menjadi satu-satunya rumah sakit tipe C di Lampung yang mendapatkan predikat tersebut. Akreditasi Paripurna menjadi indikasi bahwa RS Demang telah memenuhi standar terbaik.

“Karenanya warga tak perlu ragu lagi berobat di RS Demang Sepulau Raya, karena predikat paripurna adalah predikat terbaik untuk rum…

Gubernur Anggarkan Rp2 Miliar untuk Siswa Taruna Nusantara Berprestasi

Bandar Lampung - Gubernur Muhammad Ridho Ficardo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menganggarkan beasiswa Rp2 Milyar lebih kepada 11 siswa berprestasi asal Provinsi Lampung untuk mengikuti pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Salah satu alasan pemberian beasiswa adalah memprioritaskan pendidikan kepada siswa berpotensi yang ingin masuk SMA Taruna, supaya siswa yang memiliki kemampuan namun terkendala biaya dapat meneruskan sekolahnya ke SMA Taruna. Hal tersebut diungkapkan Gubernur saat menerima Audiensi SMA Taruna Angkatan 28, Senin (18/12/2017) di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung.

Kalian adalah yang terpilih dan terbaik untuk masuk di taruna nusantara. Tunjukan prestasi kalian, jangan sampai terlibat masalah yang akan mencoreng nama baik Lampung. Tetaplah rendah hati dan berilah suri tauladan kepada lingkungan dan masyarakat, ungkap Gubernur.

Gubernur Ridho berpesan agar para siswa tersebut mampu menjadi kebanggaan Provinsi Lampung dengan memb…